7 Manfaat Daun Sirih Yang Dahsyat

Leave a Comment


Sekilas Tentang Daun Sirih
Ada 7 manfaat daun sirih yang insyaAllah bisa menggempur beberapa jenis penyakit yang akan kita ulas di artikel kali ini. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai khasiat daun sirih maka kita perlu ketahui bahwa daun sirih atau dalam bahasa latin disebut Piper betle L, adalah salah satu tanaman yang telah dikenal sebagai tanaman asli Indonesia dan berkhasiat sebagai obat herbal yang luar biasa membantu untuk meredakan bahkan mengobati beberapa penyakit.

Daun sirih ini tanamannya merambat atau bersandar pada batang pohon lain dab bisa mencapai ketinggian kurang lebih 15 meteran. Warna batang sirih adalah coklat kehijau-hijauan dan beruas serta berbentuk bulat dan juga merupakan tempat keluarnya akar. Bentuk dari daun sirih adalah daunnya tunggal berbentuk seperti jantung serta berujung runcing, tumbuh berselang-seling bertangkai, dan apabila anda meremas daunnya tersebut maka akan menimbulkan bau yang sedap, itulah ciri dari daun sirih.

Khasiat atau Manfaat Daun Sirih Sebagai Obat Herbal

Ada banyak zat yang ada dalam daun sirih yang bermanfaat atau berkhasiat sebagai obat herbal untuk meredakan bahkan membasmi beberapa penyakit. Zat yang telah di proses idalam daun sirih yaitu yang sudah diambil minyaknya yaiut minyak atsiri sangat bagus untuk kesehatan. Minyak atsiri yang berasal dari daun sirih mengandung
beberapa komponen zat diantaranya yaitu betlephenol, seskuiterpen, gula, diatase, dan juga pati serta kavikol (memiliki kekuatan untuk membunuh kuman, anti oksidasi, dan fungisida anti jamur).

Ada beberpa penyakit atau keluhan sakit yang insyaAllah bisa diredakan atau diobati dengan daun sirih diantaranya yaitu :
  1. Obat Herbal Pembengkakan Gusi. Jika anda mengalami pembengkakan gusi maka ada ramuan dari daun sirih yang berkhasiat untuk meredakan dan mengobati penyakit yang satu ini. Caranya yaitu silahkan ambil 5-6 lembar daun sirih dan cuci bersih serta rebuslah daun tersebut dalam 3 gelas air sampai mendidih. Setelah itu angkat dan saring hasil rebusan daun sirih tersebut dan tambahkan garam secukupnya setelah itu ramuan ini bisa dipakai untuk berkumur tiga kali dalam sehari. InsyaAllah resep ini bisa meredakan dan mengobati pembengkakanm gusi yang terjadi.
  2. Meredakan Alergi (gatal) Dengan Daun Sirih.  keluhan alergi memang terkadang merepotkan dan cukup menggangu aktivitas anda tentunya jika menderita gangguan ini. Khasiat daun sirih dalam meredakan alergi juga bisa dilakukan dengan resep 6 lembar daun sirih dan 1 potong jaeh kuning dan 1.5 sendok teh minyak kayu putih. Caranya semua itu dicampur dan dihaluskan bersama-sama sampai halus lalu kemudian hasilnya bisa dipakai untukdigosokan pada bagian kulit yang gatal.
  3. Redakan Diare Dengan Daun Sirih.  Manfaat daun yang satu ini untuk meredakan penyakit diare insyaAllah bisa membantu. Silahkan ambil 4 sampai 6 lembar daun sirih serta 6 biji merica dan 1 sendok minyak kelapa. Tumbuk semua bahan tersebut bersama-sama dan hasil tumbukan bisa dipakai untuk mengoles/digosokan pada perut.
  4. Daun Sirih Mengobati Mimisan. Salah satu khasiat dari daun sirih yaiut bisa meredakan mimisan. Hal ini sudah banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia seja dahulu kala. Caranya yaitu dengan mengambil satu lembar daun sirih, kemudian gulung daun tersebut lalu masukan ke hidung untuk menyumbat aliran darah yang keluar. InsyaAllah cara ini bisa menghentikan darah yang keluar dari hidung penderita mimisan.
  5. Obat Herbal Penyakit Jantung. Ada referensi bahwa salah satu manfaat dari daun sirih ini adalah bisa mengobati secara herbal penyakit jantung, Tentu saja hal ini harus dibarengi dengan hasil tes untuk melihat perkembangan dari efektivitas khasiat daun ini dalam mengobati penyakit jantung secara herbal. Yang namanya obat tradisional itu memerleukan waktu yang realtif lebih lama daripada obat kimia, oleh karena itu ketelatenan dan ketekunan diperlukan dalam hal ini. Resepnya yaitu ambillah beberapa daun sirih kurang lebih 3-5 lembar, silahkan dipotong kecil-kecil dan rebuslah didalam air 4 gelas. Biarkan sampai mendidih dan air tinggal sekitar 2 gelas dan hasil rebusan di saring lalu bisa disedu/diminum dua kali sehari. InsyaAllah ini salah satu resep obat herbal penyakit jantung dengan memakai daun sirih.
  6. Gempur Radang Tenggorokan Dengan Daun Sirih. Apakah anda sedang mencari obat herbal tradisional untuk radang tenggorokan? cukup erepotkan bukan jika kita menderita penyakit yang satu itu. Nah disini salah satu manfaat daun sirih sebagai pereda dan penyembuh radang tenggorokan akan coba kita bagi resep herbalnya. Silahkan rendam dalam1 gelas air panas bersih 3 lembar daun salam yang sudah dicuci, Dan setelah airnya dingin maka bisa digunakan untuk berkumur dengan kepala menengadah keatas dan sampai merasakan airnya sampai ke pangkal tenggorokan. Lakukan ini 3 kali dalam sehari dan insyaAllah akan bisa meredakan penyakit radang tenggorokan yang diderita.
  7. Usir Bronkitis Dengan Daun Sirih. Silahkan ambil 7 lembar daun sirih dan juga 1 potong gula batu. Daun sirih silahkan dicuci bersih lalu dicincang halus dan direbus dengan dicampur gula batu yang telah disiapkan tadi kedalam 2 gelas air sampai mendidih dan tinggal 1 gelas air tersisa. Saringlah rebusan daun sirih tersebut dan bisa diminum 3 kali sehari, maisng-masing takarannya 3 sendok makan. 
Itulah 7 manfaat daun sirih yang peelu anda ketahui mungkin saja anda belum pernah mengetahui hal tersebut. Setidaknya hal ini bisa menjadi referensi bagi kita semua ketika mencari obat herbal untuk meredakan beberapa penyakit tertentu dengan menggunakan daun sirih sebagai bahan utamanya.

Selain khasiat daun sirih diatas kami juga akan mengupdate dengan beberapa khasiat manfaat daun-daun lainnya yang memang saat ini tumbuh subur di negeri tercinta kita ini.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.