Daun Pandan Sebagai Obat Tradisional Rematik

Leave a Comment
Apakah anda sudah tahu mengenai obat tradisional yang berasal dari daun pandan? Tanaman pandan wangi yang tumbuh di daerah tropis khususnya wilayah Indonesia ini ternyata banyak manfaatnya. Selain untuk penyedap bagi beberapa menu masakan, daun dari tanaman ini banyak dimanfaatkan juga sebagai salah satu resep alami untuk meredakan dan mengobati beberapa jenis penyakit.

Sebelum membahas manfaat herbal dari daun pandan ini perlu kita ketahui bahwa tanaman ini banyak tumbuh liar di tepi sungai dan juga rawa-rawa dan ditempat yang keadaan suhunya lembab disamping banyak pula yang membudidayakan dengan menanamnya di kebun masing-masing. Tanaman jenis ini memang tumbuh subur dari daerah dengan ketinggian 500m sampai daerah pantai juga. Tinggi dari tanaman ini bisa mencapai 1-2m.

Salah satu ciri dari tanaman ini adalah aroma dari bau daunnya yang cukup harum jika diremas dan diiris-iris. Sering dipakai sebagai bahan pewarna hijau pada makanan yang menjadikan makanan itu berbau sedap dan wangi juga. Nah, disini selain fungsinya sebagai salah satu bahan pewangi dan penyedap makanan kita akan bicara mengenai manfaat daun pandan sebagai obat alami untuk penyakit rematik.

Penyakit rematik sendiri memang salah satu penyakit yang menyebalkan dan juga menjengkelkan. Karena bisa menggangu setiap aktivitas bagi yang sedang mengalaminya. Jelas ini menjadikan orang yang sedang sakit rematik menjadi tidak produktif oleh karena itu berbagai cara dilakukan untuk menyembuhkan jenis penyakit yang satu ini. Dan di artikel ini kami mencoba mengulas pengobatan alami memakai daun pandan.

Apa sih resepnya? jadi begini. Silahkan ambil sekitar 3 lembar daun pandan yang segar dan 20 daun selai segar. Keduanya dicuci bersih dan lalu ditumbuk bersamaan hingga menjadi halus. Jangan lupa untuk menambahkan 1 sendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapura yang bisa anda dapatkan banyak di toko-toko kelontong dan apotek. Aduk semua bahan tadi dan adukannya bisa dioleskan di bagian yang sedang mengalami sakit akibat rematik. Lakukan sampai rasa sakit yang diderita berkurang. InsyaAllah jika rutin bisa memberikan efek pereda atau bahkan bisa mengobati rasa sakit akibat penyakit rematik tersebut.

Itulah sedikit tips obat tradisional dari bahan daun pandan semoga bisa menjadi salah satu alternatif solusi dalam meredakan dan mengobati penyakit rematik secara alami. Amin.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.