Manfaat Daun Sirsak Sebagai Resep Herbal

Leave a Comment

Apakah anda sedang mencari info manfaat daun sirsak sebagai resep herbal untuk kesehatan? jika iya, di artikel kali ini kami mencoba mengulas manfaat dari daun yang ada ditanaman sirsak tersebut. Sebelum itu  perlu diketahui bahwa Sirsak, nangka belanda atau durian belanda (Annona muricata L.) adalah sebuah tumbuhan yang berasal dari kawasan Karibia Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Dan tanaman sirsak ini dalam sejarahnya didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara pada abaf ke-19 mekipun bukan berasal dari benua Eropa.

Manfaat daun sirsak untuk ksehatan sudah diketahui sejak jaman dahulu namun kadang ada beberapa orang atau bahkan banyak orang yang belum mengetahui manfaat keseluruhan dari daun sirsak ini. Ternyata dalam daun ini terdapat banyak kandungan zat yang bermanfaat untuk pengobatan herbal. Kandungan yang ada di dalam daun sirsak antara lain acetogenins, annocatacin, gentisic acid, linoleic acid dan zat berguna lainnya yang bisa sebagai obat beberapa penyakit serta untuk meningkatkan daya tahan tubuh (kekebalan tubuh).

Dari beberapa referensi yang didapatkan penulis, Manfaar daun sirsak sebagai obat adalah diantaranya dibawah ini :
  • Daun sirsak sebagai obat terapi diabetes caranya yaitu silahkan ambil daun sirsak sebanyak 10-15 lembar serta jangan lupa air sebanyak 400ml setara dengan dua gelas. Jangan lupa untuk mencuci bersih daun tersebut dan rebuslah didalam air yang sudah disiapkan tersebut. Gunakan api yang tidak terlalu besar dan tunggu hingga air sisa sekitar setengahnya saja atau 200 ml (tinggal satu gelas). Setelah dibgin saringlah rebusan daun sirsak tersebut dan hasil saringan tersebut adalah obat herbal untuk penderita diabetes. Ramuan ini dianjurkan untuk sekali minum saja dan apabila untuk pengobatan yang lebih intensif bisa dua kali dalam sehari.
  • Penyakit Asam Urat. Jika anda atau ada saudara anda yang terkena asam urat maka daun sirsak bisa digunakan sebagai saah satu obat untuk mengurangi/meredakan penyakit yang satu itu. Bagaimana caranya? silahkan siapkan daun sirsak sebanayk 7-10 lembar, Air juga sekitar 400ml dan jangan lupa daun di cuci bersih dan rebuslah dalam air yang sudah and asiapkan tadi. Sisakan hingga setengahnya (1 gelas) sama seperti resep sebelumnya gunakan api yang kecil saja dan jangan terlalu besar. InsyaAllah ini salah satu resep herbal untuk meredakan penyakit asam urat.
Dua penyakit diatas memang banyak dijumpai di negeri ini. Pola makan dan juga gaya hidup
dewasa ini mungkin bisa dibilang turut menyumbang munculnya penyakit-penyakit seperti diatas. Manfaat daun sirsak sebagai obat herbal untuk penyakit diabetes dan juga asam urat menjadikan daun yang satu ini sebagai salah satu pilihan para herbalis untuk digunakan sebagai ramuan tradisional herbal yang minim efek samping.

Dibawah ini ada dua penyakit yang terbilang tingkatannya lebih tinggi dari sebelumnya dan insyaAllah bisa diredakan juga menggunakan ramuan daun sirsak tersebut. Mari sedikit kita bahas manfaat dari daun buah sirsak yang bisa membantu meredakan penyakit kanker dan juga tumor.
  • Manfaat Daun Sirsak Untuk Obat Herbal Kanker. Sudah diketahui bahwa penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang membutuhkan biaya pengobatan yang tidak sedikit dan merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya. Disini kita cob amemberi informasi yang kami kutip dari buku "Khasiat Selangit Daun-daun Ajaib Tumpas beragam penyakit" - Renata Ayuni. Resep herbal untuk penyakit kanker yang menggunakna daun sirsak adalah siapkan sekitar 10-15 lembar daunnya, air sebanyak 600 ml. Cuci bersih daun sirsak tersebut dan rebus dengan air yang sudah disiapkan. Dengan menggunakan api yang kecil tunggulah sampai air rebusn tersebut tersisa 200ml (sekitar satu gelas) Dan saringlah hasil rebusan tersebut. InsyaALlah ini adalah salah satu obat untuk meredakan dan menyembuhkan kanker. Air ramuanini untuk sekali minum apabila untuk pengobatan lebih lanjut bisa tiga kali sehari,
  • Penyakit Tumor diterapi dengan daun sirsak. Penyakti yang satu ini juga bisa dibilang hampir sama dengan yang sebelumnya. Dan obat dari daun sirsak untuk penyakit tumor yaitu dengan menyiapkan 10-20 lembar dan air 600ml. Cara sama persis dengan yang diatas.
Manfaat daun sirsak dalam mengobati/meredakan penyakit entah itu kecil atau menengah atau berbahaya jika Tuhan mengijinkan akan bisa membantu dalam meredakan dan menyembuhkan penyakit-penyakit tersebut.

Selain daunnya yang bermanfaat sebagai obat herbal. Buah sirsak sendiri rasanya juga enak dan cukup banyak  mengandung vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Kita memang bersyukur bahwa negeri kita saat ini dilimpahi berbagai macam tumbuhan dan buah-buahan yang bisa dipakai sebagai obat herbal untuk membantu kesembuhan berbagai macam penyakit. Dan tidak lupa manfaat daun sirsak ini merupakan salah satu yang dibutuhkan oleh masyarakat luas di negeri ini.

Semoga sedikit ulasan artikel diatas cukup memberikan informasi mengenai daun sirsak dan juga fungsi atau manfaatnya. Terima Kasih.

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.