Obat Tradisional Untuk Radang Tenggorokan

Leave a Comment
Apakah anda sedang mencari obat herbal alami untuk meredakan atau menyembuhkan radanb tenggorokan? Disini akan kami sajikan satu resep dari dedaunan yang cukup sederhana. Namun sebelum membahas mengenai obat tersebut marilah kita mengetahui dahulu mengenai penyakit radang tenggorokan ini.

Apa sih penyakit radang tenggorokan itu? Apa penyebabnya? Dan bagaimana gejalanya? Serta apa resep obatnya?. Penyakit ini adalah disebabkan oleh virus dan menyebabkan meradangnya bagian tenggorokan (faring) kita karena infeksi yang sedang terjadi. Biasanya juga disertai demam pada si penderita. Selain disebabkan oleh virus, penyakit ini bisa juga disebabkan oleh bakteri, rokok dan juga alergi.

Sangat penting bagi kita juga sebelum menggunakan obat tradisional untuk penyakit jenis ini. Bahwa gejala yang ditimbulkan sangat bervariatif diantaranya yaitu:

Radang yang disebabkan oleh Virus

Radang tengorokan yang disebabkan oleh virus biasanya tidak terlalu berat/parah apabila dibanding yang disebabkan oleh bakteri, namun kita juga tidak boleh menganggap enteng yang satu ini. Ada beberapa pendapat yang mengatakan jika dikarenakan oleh virus maka penggunaaan antibiotik untuk penyakit ini kurang efektif karena akan menyebabkan sebuah resistensi (kekebalan) virus itu terhadap antibiotik yang diberikan. Tandanya jika disebabkan oleh virus biasanya tidak diikuti demam atau demam hanya sedikit, dan disertai rasa kering, gatal dan bisa juga pedih ditenggorokan. Selain itu kadang penderita mengalami batuk dan juga bersin seperti flu yang cukup mengganggu.

Radang yang disebabkan oleh Bakteri

Berbeda dengan yang disebabkan oleh virus, penyakit radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri cenderung lebih parah atau lebih berat. Biasanya ditandai dengan demam yang kadang disertai mengigil bagi penderitanya. Bagian tenggorokanpun juga berwarna merah cerah dan ada bercak putih juga disana. Lalu jika dipakai untuk menelan juga terasa sakit disertai kelenjar leher yang membengkak

Makanan Minuman Perlu Diperhatikan

Selain obat herbal tradisional yang akan kami sampaikan nanti ada beberapa tips juga berkenaan dengan penanganan penyakit yang satu ini. Sebaiknya kita menghindari minuman dan juga makanan yang dingin. Selain itu makanan yang sifatnya pedas, asam dan juga berminyak bisa menambah semakin parah penyakit ini, maka sebaiknya kita hindari untuk sementara waktu. Makanan yang memiliki kalori dan juga protein yang cukup tinggi juga sebaiknya kita hindari disaat menderita sakit radang tenggorokan, seperti susu, ikan, ayam dan juga daging sapi. Memperbanyak minum air putih hangat akan cukup membantu meredakan sakit yang diderita selain dengan minum obat atau terapi lainnya. 

Makanan entah itu sayuran atau buah-buahan yang banyak memgandung vitamin dan juga asam folat sebaiknya kita konsumsi. Karena dengan mengkonsuksinya daya tahan tubuh kita akan meningkat dan memudahkan penyembuhan dari sakit radang tersebut

Resep Obat Herbal Alaminya

Apakah anda tahu bahwa ada sebuah daun yang bisa dipakai untuk meredakan dan mengobati sakit tenggorokan secara herbal alami?. Daun tersebut adalah daun sirih. Sangat banyak kandungan zat yang cukup baik untuk menjaga kesehatan yang terdapat didalam daun sirih. Zat seperti seskuiterpen, gula, kavikol, dan betlephenol serta pati dan diatase ada didalam minyak atsiri yang berasal dari daun sirih tersebut. Zat yang ada didalam dun ini memiliki kekuatan untuk membasmi kuman dan juga anti oksidasi serta fungisida, anti jamur. Oleh karena itu daun yang satu ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional untuk beberapa penyakit termasuk radang tenggorokan ini.

Untuk mengobati secara herbal sakit radang tenggorokan dengan daun sirih cukup sederhana caranya, ambila 3 lembar daun sirih lalu cuci bersih serta rendamlah didalam segelas air hangat. Setelah airya dingin, pakailah hasil rendaman daun sirih tersebut untuk berkumur. Cara berkumurnya dengan kepala agak mendongak keatas supaya air sampai ke tenggorokan. Bisa dilakukan 3 kali sehari. InsyaAllah dengan metode tradisional sederhana ini bisa membantu meredakan atau bahkan bisa mengobati penyakit radang tenggorokan yang sedang dialami.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.