Tips Obat Herbal Untuk Demam

Leave a Comment
Ketika keluarga kita menderita demam dan suhu badan naik cukup tinggi sebaiknya kita jangan panik. Segera kita cari solusinya. Selain obat penurun demam yang banyak dijual dipasaran disini kami mencoba memberikan resep obat herbal untuk demam/panas tubuh, namun sebelum membahasnya marilah kita mengerti bagaimana sih proses demam itu terjadi?

Suhu tubuh manusia itu naik turun, dan naik turunnya keadaan suhu dalam tubuh manusia itu diatur di otak manusia melalui hipotalamus anterior. Inillah bagian dalam otak manusia yang mengendalikan suhu tubuh manusia. Suhu tubuh normal manusia adalah 37+/1 derajat celcius. 

Sebelum kita membahas ramuan herbal untuk demam ini perlu kita ketahui bahwa banyak sebab yang mempengaruhi demam diantaranya yaitu bisa diakibatkan oleh infeksi suatu mikroorganisme misal virus atau bakteri. Nah sel darah putih akan mengeluarkan suatu zat yang membuat demam dan akan memicu produksi prostaglandin E2 di hipotalamus tadi (ini terjadi ketika virus masuk ke tubuh kita). Naiknya suhu tubuh kita disebabkan prostaglanding E2 yang dilepaskan tadi. Mungkin bisa dibilang begitulah alurnya.

Dibawah ini ada beberapa resep tradisional untuk demam yang bisa menjadi alternatif pilihan selain obat medis yang dijual dipasaran.
  1. Daun Sambiloto. Daun ini ternytaa bisa menjadi salah satu bahan obat alami untuk membantu menurunkan demam yang terjadi didalam tubuh. Caranya ambilah daun sambiloto yang segar cukup 1 genggam saja lalu ditumbuk. Jangan lupa tambahkan 1/2 gelas air bersih yang sudah matang lalu disaring dan diminum. Selain itu daun sambiloto yang segar bisa digiling sampai halus lalu digunakan untuk tapal pada tubuh yang sedang demam.
  2. Tanaman Ubi Kayu. Ternyata tanaman yang banyak di Indonesia ini juga merupakan salah satu komponen obat tradisional yang bisa kita gunakan sebagai pereda dan penurun demam dalam tubuh manusia. Caranya yaitu ambillah satu batang daunnya lalu direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan akhirnya disaring diambil airnya. Bisa diminum 2 kali dalm sehari pagi dan sore hari. Sama seperti daun sambiloto, daun ubi kayu juga bisa dihaluskan dengan cara ditumbuk lalu dipakai untuk kompres tubuh.
Dua resep alami yang ada diatas kami harap bisa memberikan gambaran untuk anda dalam menangani penyakit demam yang sedang terjadi. Memang obat alami dan tradisional ini merupakan salah satu saja pilihan dari berbagai macam obat yang ada dipasaran. Ingat jika memang demam terus berlanjut sebaiknya anda konsultasi ke pusat kesehatan terdekat atau ke dokter yang ada disekitar anda. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi.  Terima Kasih
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.