Manfaat Daun Kangkung Sebagai Resep Herbal

Leave a Comment
manfaat daun kangkung
Siapa yang tidak mengenal tanaman kangung di Indonesia? saya rasa hampir mayoritas masyarakat kita mengenalnya karena tanaman ini menjadi salah satu sayuran yang menjadi bagian dari makanan pokok keluarga Indonesia. Harganya yang cukup murah dan bisa didapatkan dimana-mana membuat tanaman kangkung menjadi salah satu menu favorit bagi banyak orang. Namun selain itu perlu kita ketahui bahwa selain sebagai sayuran sehari-hari ternyata ada manfaat herbalnya lho, mau tahu? mari kita ulas dibawah ini.

Sebelum kita mengulas peranan kangkung sebagai obat alami beberapa jenis penyakit atau sebagai pembantu penjagaan kesehatan kita, perlu kita ketahui bahwasanya zat yang terdapat didalam sayuran kangkung dapat menghentikan pendarahan, anti oksidan atau anti racun dan juga dari beberapa sumber sebagai anti radang juga lalu bisa menjadi sedatif (obat tidur).

Banyak kandungan yang bermnfaat bagi tubuh dari tanaman yang satu ini. fosfor, besi, karoten, sitosterol, serta protein dan kalsium menjadi bagaian yang terdapat didalamnya. Luar biasa bukan? kadang kita tidak mengetahui secara detail kandungan zat yang bermanfaat dari tanaman yang satu ini.

Dibawah ini ada beberapa penyakit yang insyaAllah bisa dibantu peredaanya atau malah bisa diobati dengan daun kangkung, diantaranya yaitu:
  1. Sakit Kepala. Jika kita mengalami sakit kepala memang akan mengganggu sekali bagi aktivitas kita. Nah dengan sayuran yang satu ini semoga bisa membantu meredakannya. caranya yaitu dengan menumbuk halus satu genggam daun kangkung (daunnya saja ya) dan berilah sedikit garam dan air secukupnya. Lalu silahkan disaring dan dicampur dengan madu 1. Resep herbal ini diminum 1x sehari. Selain ini bisa juga dengan merebus daun dan juga batang dari sayuran kangkung ini dan minum rebusan airnya.
  2. Sakit Gigi. Jika anda sedang sakit gigi begh... rasanya memang tidak nyaman dan bahkan bisa mengganggu pekerjaan kita. Sakit ini memang hanya ditempat yang kecil disalah satu atau beberapa gigi kita namun rasanya bisa sampai ujung kepala :). Nah dengan syuran kangkung ini insyaAllah bisa menjadi salah satu obat alami dan tradisional untuk meredakannya. Ambillah segeganggam akar tanaman kangkung ini lalu cuci bersih dan rebus dengan 1 gelas air dicampir 1/2 teh sendok cuka. nah air rebusannya ini bisa dipakai buat kumur-kumur.
  3. Insomnia. Mungkin susah tidur kadang membuat jengkel bagi sebagian orang. Karena mengingat keesokan harinya masih perlu berkaktivitas lha kok malamnya malah susah tidur/insomnia. Sering makan sayur kangkung tanpa batang cukup membantu mengurangi insomnia yang dialami.
  4. Gusi Bengkak dan Sariawan. Nah dua penyakit yang ini tergolong menyebalkan juga. Sangat mengganggu. Dengan sayuran kangkung maka insyaAllah bisa meredakannya. Caranya, cucilah seikat daun kangkung tanpa batang dan cucilah dengan bersih lalu lumatkan dan beri 1 gelas air dan saringlah. Hasil saringan bisa dipakai untuk kumur-kumur. 
  5. Daun Kangkung Sebagai Pembasmi Ketombe. Ternyata manfaat daun kangsung selain sebagai obat dan pereda penyakit, jika kita memiliki keluhan ketombe dikulit kepala maka daun kangkung ini insyaAllah juga bisa mengurangi ketombe tersebut. Seilahkan ambil daun kangkung secukupnya lalu dicuci bersih dan direndam dalam air semalaman sampai air rendaman tersebut berwarana kebiruan. Hasil air rendaman ini dipakai untuk keramasa dan bisa dilakukan tiap hari sampai merasa ketombe berkurang.
  6. Sembelit dan Mual Bagi Ibu Hamil. Ternyata khasiat daun kangkung bisa juga untuk meredakan rasa mual dan juga sembelit pada ibu hamil. Resepnya hanya sederhana yaitu dengan menumis daun kangkung dan diguakan sebagau santapan sehari-hari. InsyaAllah ini bisa membantu mengatasi keluhan tersebut.
Itulah sedikit manfaat dari sayuran kangkung yang bisa dipakai sebagai obat alami dan tradisional yang sederhana dan tidak repot. Semoga artikel kali ini bisa membantu menjadi referensi bagi kita semua dalam menambah wawasan mengenai obat alami negeri ini. Terima Kasih
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.